Sejarah singkat McDonald’s

Makanan1McDonald’s: Behind the Arches, John Love menceritakan kemajuan pesat perusahaan ini menjadi raksasa restoran cepat saji.

Berkembangnya restoran cepat saji merupakan perubahan gaya hidup yg sangat besar bagi masyarakat. Seperti yg biasa berlaku ketika sebuah perubahan total terjadi, banyak faktor yg ikut berperan. Setelah Perang Dunia II, keluarga-keluarga mempunyai banyak uang utk dibelanjakan, mobil tersedia dan menjadi pilihan transportasi keluarga, serta naiknya angka kelahiran mulai terjadi. Para pengusaha di seluruh negara memanfaatkan peluang yg semakin diperbesar oleh fenomena-fenomena ini, tetapi hanya sedikit yg berhasil spt McDonald’s. Love menceritakan bagaimana Burger King, Dairy Queen dan Kentucky Fried Chicken didirikan dan menunjukkan bagaimana McDonald’s berubah dari pengikut menjadi kekuatan besar spt saat ini.

Richard dan Maurice, kakak beradik McDonald yg menciptakan sebuah restoran kecil di San Berdino, California, pada 1937. Kemudian ketika mengunjungi dua bersaudara tsb utk mengetahui mengapa mereka membeli banyak sekali alat mixer yg dijual oleh perusahaannya,  Ray A. Kroc melihat potensi dalam daftar menu restoran ini, yaitu menyajikan makanan dalam waktu yg singkat kepada pelanggan, dan suasana restoran yg berkonsep keluarga membuat restoran ini berbeda dg restoran hamburger lainnya. Pada Maret 1955, Ray A. Kroc menjadi pewaralaba utk kakak beradik McDonald’s dan merk mereka.

Ray A. Kroc banyak mengembangkan menu baru diantaranya adalah Egg Muffin dan Big Mac.  Dan dia sangat menekankan keseragaman di semua restorannya. Strategi manajemen Kroc yg ketat menjamin  keseragaman di semua restoran.

 

 “ Ray A.Kroc selalu dikenang sebagai pendiri industri besar baru. Prestasinya di jasa makanan sama spt John D. Rockefeller di pengilangan minyak, Andrew Carnegie di produksi baja, dan Henry Ford di pabrik otomotif”

Sumber : 100 buku bisnis terbaik sepanjang masa oleh Jack Covert dan Todd Sattersten, 2009.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pencarian dari Google:

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *